Materi 2 - Manajemen Di Era Perubahan Drastis

 


Hallo sobat kulinerπŸ™Œ MinKul mau tanya nih pernah gak sih sobat kuliner mengalami perubahan dalam kehidupan sehari-hari? Pastinya pernah yaa! Di dalam kehidupan sehari-hari pasti kita sering mengalami perubahan. Bicara mengenai perubahan, di dalam sebuah organisasi juga bisa mengalami perubahan yang biasanya disebut perubahan dalam organisasi. Nah, kali ini MinKul mau kasih tau tentang perubahan dalam organisasi. Simak penjelasan MinKul yaa πŸ˜‰


A. Pengertian Perubahan Dalam Organisasi

Perubahan dalam organisasi adalah suatu proses dimana organisasi tersebut dapat berpindah dari keadaannya yang sekarang menuju ke masa depan untuk meningkatkan efektifitas organisasinya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan organisasi dalam menciptakan nilai dan meningkatkan hasil yang diinginkan kepada stakeholders. Perubahan ini ibaratkan seperti turbulent yang artinya perubahan ini tidak bisa terduga. Perubahan yang akan semakin meningkat bisa menjadi Perubahan sumber utama risiko bisnis

 

B. Faktor pendorong perubahan

1.      Teknologi  

      Kemajuan teknologi menyebabkan dunia semakin mengecil. Perkembangan teknologi menyebabkan timbulnya perubahan di dunia organisasi atau bisnis. Oleh sebab itu, setiap organisasi harus bisa mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju.

2.      Keragaman Budaya 

      Bekerja sama di dalam suatu organisasi atau di dalam perusahaan sangat memungkinkan di dalam satu tim terdapat anggota dari berbagai negara dan memiliki keragaman budaya yang berbeda-beda. Contohnya saat orang Indonesia berkomunikasi dengan orang asing. Orang asing lebih suka ditatap matanya, tetapi saat berkomunikasi orang Indonesia selalu menunduk karena menerapkan budaya malu. Namun, menurut persepsi orang asing tindakan tersebut berarti tidak menghargai. Meningkatkan keragaman pekerja telah membawa beragam nilai, perpektif, dan harapan yang berbeda diantara pekerja.

3.      Kesadaran Publik 

      Kesadaran public menjadi jauh lebih sensitive dan menuntut agar organisasi lebih bertanggung jawab terhadap sosial. Contohnya saat ini masyarakat belanja sudah tidak menggunakan kantong plasik dengan tujuan untuk mengurangi limbah plastik. Karena hal ini, sebuah bisnis atau toko harus menyesuaikan dengan kesadaran publik

4.      Pasar global 

      Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat memudahkan untuk menjual sebuah produk di pasar global. Pasar global merupakan  pasar yang transaksi antara penjual dan pembeli mencakup dari berbagai negara. Adanya pasar global memudahkan mendapatkan suatu produk dari negara lain. Sebagian besar negara telah bergabung dengan pasar global, untuk menciptakan arena penjualan dan pelayanan yang lebih luas

5.      Stakeholders 

      Organiasi bertanggung jawab kepada pemegang saham dan harus bisa membangun hubungan dengan karyawan, pelanggan, mitra, dan pemasok.

 

C. Sifat manajemen

Sifat manajemen dalah dapat mengatasi serta mampu menangkap ruang-ruang dan beragam tantangan di masa depan dengan tetap memperhatikan faktor-faktor pendorong perubahan.

Perubahan pola pikir seorang menejer dalam mengendalikan sebuah perubahan, seorang manajer diminta untuk menghadapinya dengan cara :

·         Libatkan seluruh karyawan

·         Lihat perubahan daripada stabilitas sebagai hal yang alami

·         Ciptakan visi dan nilai-nilai budaya untuk mendorong tempat kerja yang kolaboratif

·         Lakukan lebih banyak dengan lebih sedikit

 

Membuat perbedaan hari ini dengan memerlukan pengintegrasian :

·         Mencoba keterampilan manajemenen yang benar

·         Pendekatan baru yang menekankan

      -          Sentuhan manusia
-          Tingkatan fleksibilitas
-          Libatkan hati, pikiran dan tubuh karyawan


D. Definisi Manajemen

Manajemen merupakan tercapainya tujuan organisasi secara efektif dan efisien melalui fungsi-fungsi manajemen. 

4 fungsi manajemen :

1.      Planing : Pilih tujuan dan cara untuk mencapainya.

2.      Organizing : Menetapkan tanggung jawab untuk penyelesaian tugas.

3.      Leading : Menggunakan pengaruh untuk memotivasi karyawan.

4.      Controlling :Memantau aktivitas dan melakukan koreksi.

 

Performa Organisasi

·         Organisasi : Entitas sosial yang diarahkanpada tujuan dan terstruktur dengan sengaja.

·         Efektivitas : Tingkat dimana organisasi mencapai apa yang dinyatakan

·         Efesiensi : Penggunaan sumber daya minimal (bahan mentah, uang, dan orang) untuk menghasilkan volume output yang diinginkan.

·         Kinerja : Kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya dengan menggunakan sumber daya secara efisien dan efektif.


Managements Skills

1)      Conseptual Skills : Kemampuan untuk mengambil keputusan dikondisi yang kompleks.

2)      Human Skills : Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain.

3)      Technical Skills : Kemampuan menguasai pengetahuan di bidang tertentu.


Management Types (Vertikal)

1)      Top Managers : CEO

2)      Middle Managers : Head of Division

3)      First-Line Managers : Accounting Supervisor


Management Types (Horizontal)

1)      Functional Managers

Bertanggung jawab untuk departemen yang melakukan suatu tugas fungsional dan memiliki karyawan dengan pelatihan dan keterampilan serupa.

2)      General Managers

Bertanggung jawab atas beberapa departemen yang melakukan fungsi yang berbeda.


            Manajemen dan Tempat Kerja Baru

1)      Karakteristik

-          Sumber daya = Informasi

-          Bekerja = Fleksibel

-          Pekerja = Karyawan yang diberdayakan, agen bebas

2)      Pasukan Organisasi

-          Teknologi

-          Pasar = Global, termasuk internet

-          Tenaga kerja = Beragam

-          Nilai = Perubahan, kecepatan

-          Peristiwa = Krisis yang bergejolak, lebih sering

3)      Kompetensi Manajemen

-          Kepemimpinan = Tersebar, memberdayakan

-          Fokus = Koneksi ke pelanggan, karyawan

-          Melakukan pekerjaan = Dengan tim

-          Hubungan = Kolaborasi

-          Desain = Eksperimen, organisasi pembelajaran


Kompetensi Manajemen Baru

1.      Memiliki kepemimpinan yang baik

2.      Dapat memberdayakan orang lain

3.      Memiliki hubungan kolaboratif

4.      Mempunyai keterampilan membangun tim


Managing During Turbulent Times

1.      Stay Calm

2.      Be Visible

3.      Put people before business

4.      Tell the truth

5.      Know when to get back tp business

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliner Khas Korea

Kuliner Legendaris Khas Bandung : Roti Gempol

Materi 5 - Apa, Mengapa dan Bagaimana Fungsi Organizing dalam Manajemen