Materi 2 - Manajemen Di Era Perubahan Drastis
Hallo sobat kulinerπ MinKul mau tanya nih pernah gak sih sobat kuliner mengalami perubahan dalam kehidupan sehari-hari? Pastinya pernah yaa! Di dalam kehidupan sehari-hari pasti kita sering mengalami perubahan. Bicara mengenai perubahan, di dalam sebuah organisasi juga bisa mengalami perubahan yang biasanya disebut perubahan dalam organisasi. Nah, kali ini MinKul mau kasih tau tentang perubahan dalam organisasi. Simak penjelasan MinKul yaa π
A. Pengertian Perubahan Dalam Organisasi
Perubahan dalam organisasi adalah suatu proses dimana
organisasi tersebut dapat berpindah dari keadaannya yang sekarang menuju ke
masa depan untuk meningkatkan efektifitas organisasinya. Tujuannya adalah untuk
meningkatkan kemampuan organisasi dalam menciptakan nilai dan meningkatkan hasil
yang diinginkan kepada stakeholders. Perubahan ini ibaratkan seperti turbulent
yang artinya perubahan ini tidak bisa terduga. Perubahan yang akan semakin
meningkat bisa menjadi Perubahan sumber utama risiko bisnis
B. Faktor pendorong perubahan
1. Teknologi
Kemajuan teknologi menyebabkan dunia semakin mengecil. Perkembangan teknologi menyebabkan timbulnya perubahan di dunia organisasi atau bisnis. Oleh sebab itu, setiap organisasi harus bisa mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju.
2. Keragaman Budaya
Bekerja sama di dalam suatu organisasi atau di dalam perusahaan sangat memungkinkan di dalam satu tim terdapat anggota dari berbagai negara dan memiliki keragaman budaya yang berbeda-beda. Contohnya saat orang Indonesia berkomunikasi dengan orang asing. Orang asing lebih suka ditatap matanya, tetapi saat berkomunikasi orang Indonesia selalu menunduk karena menerapkan budaya malu. Namun, menurut persepsi orang asing tindakan tersebut berarti tidak menghargai. Meningkatkan keragaman pekerja telah membawa beragam nilai, perpektif, dan harapan yang berbeda diantara pekerja.
3. Kesadaran Publik
Kesadaran public menjadi jauh lebih sensitive dan menuntut agar organisasi lebih bertanggung jawab terhadap sosial. Contohnya saat ini masyarakat belanja sudah tidak menggunakan kantong plasik dengan tujuan untuk mengurangi limbah plastik. Karena hal ini, sebuah bisnis atau toko harus menyesuaikan dengan kesadaran publik
4. Pasar global
Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat memudahkan untuk menjual sebuah produk di pasar global. Pasar global merupakan pasar yang transaksi antara penjual dan pembeli mencakup dari berbagai negara. Adanya pasar global memudahkan mendapatkan suatu produk dari negara lain. Sebagian besar negara telah bergabung dengan pasar global, untuk menciptakan arena penjualan dan pelayanan yang lebih luas
5. Stakeholders
Organiasi bertanggung jawab kepada pemegang saham dan harus bisa membangun hubungan dengan karyawan, pelanggan, mitra, dan pemasok.
C. Sifat manajemen
Sifat manajemen dalah dapat mengatasi serta mampu menangkap ruang-ruang dan beragam tantangan di masa depan dengan tetap memperhatikan faktor-faktor pendorong perubahan.
Perubahan pola pikir seorang menejer
dalam mengendalikan sebuah perubahan, seorang manajer diminta untuk
menghadapinya dengan cara :
·
Libatkan seluruh karyawan
·
Lihat perubahan daripada stabilitas
sebagai hal yang alami
·
Ciptakan visi dan nilai-nilai budaya untuk
mendorong tempat kerja yang kolaboratif
·
Lakukan lebih banyak dengan lebih sedikit
Membuat perbedaan hari
ini dengan memerlukan pengintegrasian :
·
Mencoba keterampilan manajemenen yang
benar
·
Pendekatan baru yang menekankan
D. Definisi Manajemen
Manajemen merupakan tercapainya tujuan organisasi secara efektif dan efisien melalui fungsi-fungsi manajemen.
4 fungsi manajemen :
1. Planing
: Pilih tujuan dan cara untuk mencapainya.
2. Organizing
: Menetapkan tanggung jawab untuk penyelesaian tugas.
3. Leading
: Menggunakan pengaruh untuk memotivasi karyawan.
4. Controlling
:Memantau aktivitas dan melakukan koreksi.
Performa Organisasi
·
Organisasi : Entitas sosial yang
diarahkanpada tujuan dan terstruktur dengan sengaja.
·
Efektivitas : Tingkat dimana organisasi
mencapai apa yang dinyatakan
·
Efesiensi : Penggunaan sumber daya minimal
(bahan mentah, uang, dan orang) untuk menghasilkan volume output yang diinginkan.
· Kinerja : Kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya dengan menggunakan sumber daya secara efisien dan efektif.
Managements Skills
1) Conseptual
Skills : Kemampuan untuk mengambil keputusan dikondisi yang kompleks.
2) Human
Skills : Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain.
3) Technical Skills : Kemampuan menguasai pengetahuan di bidang tertentu.
Management Types
(Vertikal)
1) Top
Managers : CEO
2) Middle
Managers : Head of Division
3) First-Line
Managers : Accounting Supervisor
Management Types (Horizontal)
1) Functional
Managers
Bertanggung
jawab untuk departemen yang melakukan suatu tugas fungsional dan memiliki
karyawan dengan pelatihan dan keterampilan serupa.
2) General
Managers
Bertanggung
jawab atas beberapa departemen yang melakukan fungsi yang berbeda.
Manajemen
dan Tempat Kerja Baru
1) Karakteristik
-
Sumber daya = Informasi
-
Bekerja = Fleksibel
-
Pekerja = Karyawan yang diberdayakan, agen
bebas
2) Pasukan
Organisasi
-
Teknologi
-
Pasar = Global, termasuk internet
-
Tenaga kerja = Beragam
-
Nilai = Perubahan, kecepatan
-
Peristiwa = Krisis yang bergejolak, lebih
sering
3) Kompetensi
Manajemen
-
Kepemimpinan = Tersebar, memberdayakan
-
Fokus = Koneksi ke pelanggan, karyawan
-
Melakukan pekerjaan = Dengan tim
-
Hubungan = Kolaborasi
-
Desain = Eksperimen, organisasi pembelajaran
Kompetensi Manajemen Baru
1. Memiliki
kepemimpinan yang baik
2. Dapat
memberdayakan orang lain
3. Memiliki
hubungan kolaboratif
4. Mempunyai
keterampilan membangun tim
Managing During Turbulent
Times
1. Stay
Calm
2. Be
Visible
3. Put
people before business
4. Tell
the truth
5. Know
when to get back tp business

Komentar
Posting Komentar